War Takjil Di Pondok: Kantin Selalu Ludes

Selama bulan Ramadhan, kantin pondok pesantren Al-Ishlah tak pernah sepi pembeli. Bahkan para santri rela mengantri panjang sebelum kantin buka. Untuk war takjil, berebut jajan untuk disantap saat buka puasa. Jam buka kantin selama Ramadhan mulai pukul 15.30-17.00 WIB. Namun biasanya bisa tutup lebih awal karena jajan sudah ludes.

Meski para santri mengantri panjang, masing-masing dari mereka masih mendapatkan jajan yang diinginkan. Karena di kantin diterapkan batasan maksimal pembelian, yaitu pada saat Ramadhan Rp. 20.000 setiap masing-masing anak, jika hari biasa hanya berlaku Rp. 5000. Hal ini agar para santri dapat menikmati jajan di kantin secara adil. Bukan hanya diborong dan dinikmati beberapa santri saja. Serta agar santri tidak memiliki gaya hidup hedon.

Jajan Favorit di Kantin

Terdapat beberapa jajan di kantin yang menjadi dambaan para santri, karena mereka selalu mencarinya di awal pembelian. Hal ini juga dapat dilihat dari beberapa jajan yang selalu habis di kantin selama Ramadhan. Jajan-jajan favorit santri yaitu: Gimbal Tempe, gimbal jagung, martabak, tahu bakso dan kentukcy. “Saya biasanya beli gimbal jagung dan kentucky karena itu jajan favorit untuk berbuka puasa” Tutur M. Rendi, Santri kelas 9D.

Mayoritas santri menyukai jajan yang gurih dari pada jajan manis. Terbukti hampir semua jajan yang gurih lebih cepat habis daripada jajan yang manis. Walau jajan yang tidak termasuk favorit pada akhirnya habis juga. Serta para santri lebih dominan membeli jajan takjil di kantin, karena lebih banyak variasi jajan yang gurih, dari pada santri yang membeli takjil di koperasi yang lebih banyak jajan manisnya, meski kantin dan Koperasi buka di waktu yang sama. “Lebih suka beli di kantin karena lebih enak” Lanjut M. Rendi

Ramadhan, kantin Untung Lebih Banyak

Saat bulan Ramadhan, meski kantin hanya buka pada saat sore dan setelah maghrib. Namun kantin memiliki keuntungan lebih banyak jika dibandingkan di bulan-bulan biasanya. Jika pada hari biasa, kantin buka 5 kali sehari, yaitu pukul 06.00-06.45 (jam sarapan santri) , 09.15-09.45 (istirahat sekolah), 13.30 (jam makan siang santri), 16.30 dan 19.00-19.45 (jam makan malam santri). Berbeda saat bulan ramadhan yang hanya buka 2 kali saja. Hal ini karena jajan di kantin lebih sering habis saat Ramadhan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Meski jumlah jajan saat Ramadhan dan hari biasa juga secara kuwantitas sama jumlahnya.

Reporter: Faiq El Meida

Editor: Azka Ziadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *