VAKSINASI: IKHTIAR PERLINDUNGAN DIRI PARA SANTRI PP AL-ISHLAH

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh, bila seseorang sudah melakukan vaksin, maka tubuh akan cepat membentuk antibodi untuk melawan kuman atau virus. motivasi tersebut mempengaruhi para santri untuk antusias mengikuti vaksinasi.

PP Al-Ishlah mengadakan vaksinasi (7/8) dari PKM (Penyuluh Kesehatan Masyarakat) Payaman, Solokuro, dengan prosedur pendaftaran dari persetujuan wali santri melalui online (google form). Akibat membludaknya pendaftaran santri yang tidak sesuai dengan pendaftaran online, sehingga batas kouta terbatas. Pada hari Sabtu (21/8) dilanjutkan vaksinasi dosis satu gelombang kedua. Para santri menyambut dengan sangat antusias, tidak peduli dengan antrian yang sangat panjang.

Di ruangan vaksinasi, dilakukan skrining (penyaringan) sebelum vaksinasi berupa pemeriksaan fisik meliputi cek suhu tubuh dan tekanan darah, serta penggalian informasi status kesehatan sasaran melalui pertanyaan standar. “vaksin ini dapat bermanfaat untuk perlindungan agar tidak tertular atau sakit berat akibat covid-19 dengan pemberian dosis lengkap dan sesuai jadwal yang dianjurkan” ujar Abdul Wahid selaku penanggungjawab imunisasi PKM Solokuro. (AO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *