Upacara Pelantikan Tamu Ambalan MA Al-Ishlah 2022

Pelantikan tamu ambalan merupakan program tahunan MA Al-Ishlah dalam menyambut anggota baru Gugus Depan MA Al-Ishlah, yang terdiri dari siswa-siswi baru kelas 10. Sebelum pelantikan dilakukan, seluruh kakak-kakak pembina dan siswa-siswi MA Al-Ishlah mengikuti upacara pembukaan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan upacara pelantikan. Upacara pelantikan ini dilaksanakan di Lapangan Pondok Al-Ishlah yang dimulai pukul 15.30.

Satu minggu sebelum upacara pelantikan, siswa-siswi kelas 10 telah melakukan serangkaian latihan seputar kepramukaan dengan kakak-kakak BESMA Bagian Harian dan Pramuka. Tak lain tujuannya agar mereka bisa melewati tes, sehingga mereka bisa diterima dan secara resmi menjadi Bantara Gugus Depan MA Al-Ishlah.

“Setiap yang siswa-siswi baru yang masuk itu dikukuhkan, hal ini sudah menjadi adat di ambalan kita.” Ujar Kak Arromu Harmuzi, selaku Kagudep MA Al-Ishlah

Suasana saat upacara pembukaan alhamdulillah berjalan dengan lancar dan khidmat. Namun saat memasuki upacara pelantikan, seketika suasana berubah menjadi tegang karena ada rasa takut jika nantinya ada peserta yang tidak lulus.

Yang mengejutkan, akhirnya kakak pembina menyatakan bahwa ada 10 peserta tamu ambalan yang belum dinyatakan lulus dengan alasan mereka tidak mengikuti latihan dan tes dari BESMA bagian pramuka karena sakit. Diantaranya yakni 7 peserta laki-laki dan 3 peserta perempuan. Maka 10 peserta ini harus melakukan tes ulang serta melakukan pengukuhan sendiri secepatnya.

Suasana tegang pun tak berlangsung lama, karena usai upacara pelantikan ada beberapa tampilan yang akan menghibur seluruh kakak pembina dan siswa-siswi MA Al-Ishlah di lapangan. Diantaranya terdapat tampilan semaphore dance yang dibawakan oleh PAT kelas 11, yel-yel dari  peserta tamu ambalan dan yang terakhir tampilan dari trio singer dari kelas 12. Seketika suasana kembali ramai dan meriah.

“Acara ini seru, tapi tegang banget. Apalagi ada yang dinyatakan tidak lulus. Tapi hal ini bisa menjadi evaluasi untuk tahun depan, supaya acaranya berjalan dengan lancar.” Ujar Nahriyah Puji Salsabila, selaku ketua panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *