17 Agustus: UPACARA HARI KEMERDEKAAN DAN GELAR TERAMPIL BUDAYA

Pondok Pesantren al-Ishlah melaksanakan upacara Kemerdekaan RI (Independence Day) yang ke 76 pada Selasa (17/8). Upacara tersebut dimulai pukul 07.30 di lapangan Pondok, dengan disertai pertunjukan gelar terampil dari para santri. Grup tongklek menjadi penampilan pra-upacara yang disambut antusias oleh para santri dan tamu undangan (dewan guru).

Upacara ini dipimpin oleh Edric Aryanda (siswa kelas 12) dengan sambutan KH. Muhammad Dawam Saleh selaku pembina upacara dengan menggunakan bahasa Inggris. “We are not truly become an independent country, but we must struggle constantly“ ujarnya diakhir sambutan.

Seusai upacara, pertunjukan gelar terampil disuguhkan sebagai hiburan, diantaranya LKBB variasi dari PASMUDALAS, tari nusantara, PERBEDA (Perguruan Bela Diri Al-Ishlah), dan diakhiri penampilan Marching Band Al-Ishlah. Semuanya ditampilkan dengan nuansa budaya Indonesia.

“Menurut saya, walaupun adanya pandemi ini, alhamdulillah upacara masih bisa terlaksana. Bahkan, kita menjadi semakin kreatif, karena  memikirkan bagaimana caranya acara tetap khidmat dan diakhiri dengan pertunjukan yang tetap seru. Meskipun adanya batasan karena pandemi.” Ujar Hanin (petugas upacara sekaligus pengurus OPPI). (VAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *