UJIAN PRAKARYA KELAS 12: KREASI MASAKAN LELE

Telah diadakan ujian Prakarya (11/12) di gedung Madrasah Aliyah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari ujian semester ganjil yang secara khusus diikuti oleh kelas 12 Putri MA Al-Ishlah yang terdiri dari 6 kelas; 4 kelas Jurusan IPA dan 2 Kelas Jurusan IPS. Setiap kelas terbagi menjadi 2 kelompok.

Konsep utama yang diusung yakni pengelolaan ikan lele yang mana ikan lele ini merupakan hasil budidaya unit usaha Pondok Pesantren Al-Ishlah. Varian kuliner ikan lele ini disajikan dengan berbagai toping dan campuran lainnya seperti; Sambal dengan berbagai cita rasa, olahan jamur, Telur, tahu, tempe oseng, tempe tepung krispi, suwir ayam dan varian lalapan seperti tomat, mentimun, daun kemangi. Tidak hanya itu, nasi yang dihidangkan juga dimasak dengan berbagai olahan nasi khas nusantara seperti nasi Uduk ataupun nasi yang dicampur dengan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas dan menggoda.

Dalam Kegiatan ini, Para Siswi diarahkan untuk benar-benar paham cara pembuatan berbagai varian masakan seperti, pengolahan bumbu yang tentunya disesuaikan dengan lidah masyarakat secara antropologis. Sehingga masakan yang dihasilkan setidaknya dapat menjadi alat komunikasi antar masyarakat. Imaduddin selaku Pembina utama kegiatan ini menandaskan, “Karena kita sedang budidaya pembesaran lele dan kebetulan adanya kegiatan pembelajaran sekolah MA Al-Ishlah dengan materi pengolahan. Maka acara ini bertujuan menambah keterampilan Siswi MA Al-Ishlah untuk menjadi pribadi yang  cakap terutama pengolahan bahan pangan sehingga mempunyai nilai lebih baik dari aspek sosial maupun ekonomi”. (repoter: Roisah Maulidia Rohmah/Zahra Tsalsa Rahmaniah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *