Seminar TOEFL Untuk Persiapan Tes TOEFL Kelas 12

“ A Succesful Guide to Achive A Top TOEFL Score In Less Than 24 Hours” merupakan tema yang diusung oleh kegiatan seminar TOEFL pada Jumat pagi ini. Seminar dan Tes TOEFL merupakan salah satu program dari Pusat Pengembangan Bahasa STIQSI yang bekerja sama dengan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) STIQSI serta MA Al-Ishlah Paciran.

Sebelum siswa-siswi kelas 12 MA Al-Ishlah melakukan tes TOEFL, Tim LDC (Language Department Centre) dan BEM Bahasa mengadakan seminar yang berisi tentang pengenalan TOEFL serta tips dan trik dalam mengerjakan soal-soal TOEFL.

Seminar ini diikuti oleh kelas 12, yaitu dari perwakilan 10 siswa/siswi per-kelasnya. Tujuan seminar ini untuk menambah wawasan siswa-siswi MA Al-Ishlah tentang pengetahuan TOEFL dan tak lain sebagai persiapan bagi mereka sebelum menjalankan tes TOEFL.

Seminar TOEFL dilaksanakan di Aula Pondok, dengan pemateri Mr. Amiruddin Hadi Wibowo, S. Pd., M. Pd. selaku guru Structure kelas 12. Sebelum pemateri menyampaikan materi TOEFL, Kiai Dawam Saleh memberikan semacam keynote speech pada seminar TOEFL kali ini. Yang mana beliau berpesan bahwa pentingnya mempelajari bahasa di era sekarang. Terutama yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Jika kalian sudah mempelajari bahasa Al-Qur’an yakni Bahasa Arab, maka imbangilah dengan mempelajari Bahasa Inggris, agar kalian semua bisa sukses sampai ke tingkat internasional,” imbuh beliau.

Di sela-sela penyampaian materi, Mr. Amir juga mengundang beberapa rekan beliau dari Pusat Bahasa ITATS (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya) melalui via zoom untuk menyampaikan beberapa tips dan trik mengerjakan TOEFL . Salah satunya yakni Ibu Norita.

“Sama halnya dengan ketika kita jatuh cinta dengan seseorang, kita harus melakukan PDKT dulu. Begitupun dengan TOEFL, sebelum kita suka dengan TOEFL, dekatilah TOEFL, belajarlah dan latihanlah sesering mungkin.” Ujar Ibu Norita.

Sampailah pada sesi tanya jawab, di sesi tanya jawab ini rasa antusias dari peserta semakin terlihat. Tak menunggu waktu lama, saat sesi tanya jawab dibuka beberapa dari peserta mulai mengangkat tangan dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri. Dan yang membuat siswa-siswi MA Al-Ishlah senang, setiap penanya akan mendapatkan voucher gratis mengikuti tes TOEFL berbasis komputer dari Pusat Bahasa ITATS.

Tak hanya itu, Ibu Norita selaku ketua Pusat Bahasa ITATS juga akan membagikan 20 voucher kepada peraih skor tertinggi setelah Tes TOEFL dilakukan. Dengan harapan semakin menambah semangat siswa-siswi kelas 12 MA Al-Ishlah dalam mempersiapkan tes TOEFL yang akan diadakan bulan September mendatang.

Di akhir acara Mr. Amir berpesan, “Sebelum menghadapi tes TOEFL, perbanyaklah latihan dan pelajarilah semua materi-materi yang ada di soal TOEFL.”

Keseruan seminar TOEFL pagi ini pun diungkapkan oleh salah satu peserta seminar, yakni Elsida Adelia, siswi kelas 12 IPA 5.  “Seminarnya seru sekali, karena ada pemateri dari luar. Semakin menambah wawasan kita tentang TOEFL. Selain itu dengan adanya seminar ini, saya pribadi jadi tahu cara menjawab cepat soal TOEFL.” Ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *