Seminar Kesehatan: Dari Kesadaran Diri, Menuju Perbaikan Negri.

Lamongan, 27 Oktober 2021, Organisasi Pondok Pesantren Al-Ishlah atau OPPI bagian Kesehatan mengadakan seminar kesehatan dengan tema, “dari kesadaran diri, menuju perbaikan negri”.

Pemateri pada acara kali ini disampaikan oleh Dr. Rosydina Robi’alqolbi yang juga seorang dosen di STIQSI Lamongan. Acara dimulai pada pukul 15.30 WIB di Aula PP Al-Ishlah dan dihadiri sekitar 100 santri putra ponpes Al-Ishlah.

Dalam acara ini, Dr. Rosyidina Robi’alqolbi atau yang akrab disapa dokter Dina menyatakan, “Meskipun setelah vaksin tetap ada resiko terkena, akan tetapi tidak akan separah sebelum vaksin. Jadi, tujuan dari vaksinasi bukan hanya mencegah penyakit pada individu saja, lebih dari itu mencegah penyakit pada kelompok masyarakat luas sehingga akan membentuk herd immunity”.

Selain itu, beliau juga mengajak untuk tidak melupakan sejarah bahwa vaksin pernah berhasil dilakukan pada penyakit cacar yang dibuat oleh Edward Janner, seorang dokter dari Berkeley, suatu daerah pedesaan di Inggris pada tahun 1796. Untuk menjamin keamanan pada vaksinasi, Majelis Ulama Indonesia atau MUI telah mengeluarkan kebijakan kehalalannya pada setiap jenis vaksin. (MA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *