Seminar Bahasa: Perbanyak Vocabulary, Kunci Lancar Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang penting dipelajari bagi semua orang terutama pelajar. karena di era globalisasi seperti seseorang tidak dapat terlepas darinya.

Pondok pesantren sebagai basis pendidikan tak boleh ketinggalan zaman. Untuk itu, OPPI Bag. Bahasa mengadakan seminar bahasa dengan mengusung tema “Be Thinking Explorer by English Language” pada jum’at, 16 september 2022.

Seminar ini berlangsung siang hari pukul 13.15 di aula PP al-Ishlah dengan pembicarannya adalah Mr. Rifqi Hilman Fuaddi. Beliau adalah salah satu tutor dari ACCES (lembaga studi bahasa inggris di Pare, Kediri).

Peserta seminar terdiri dari santri putra dan putri. Mereka delegasi dari setiap kamar masing-masing, baik kelas Aliyah maupun smp. Mereka menyimak pemaparan materi dengan saksama.

Coach Rifqi memberikan formula menghafal tenses dengan cepat. Yaitu membagi tenses menjadi 4 waktu dengan isyarat jari tangan. Present dengan jari menunjuk ke bawah, Past dengan jari telunjuk menunjuk ke belakang, Perfect dengan jari telunjuk dan jempol bertemu membuat lingkaran dan future dengan jari telunjuk menunjuk ke depan.

Setelah materi disampaikan, beberapa pertanyaan mulai datang ke pemateri. Pertanyaan terakhir adalah pertanyaan yang menggugah selera banyak peserta. Sebab pertanyaannya adalah cara orang jawa bisa lancar Bahasa Inggris.

“Ketika ingin cepat bisa bicara Bahasa Inggris, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbanyak vocabulary, setelahnya baru mempelajari Grammar. karena Grammar hanyalah soal proses waktu. Bagaimana kita bisa menyusun kalimat jika tidak punya vocabulary”. Jawab beliau atas pertanyaan tersebut.

“Harapan saya dari seminar ini semoga bermanfaat bagi masa depan para peserta karena Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional”, ujar Aries Wijaya selaku peswrta seminar.

Reporter: Abdullida Avant & Afiruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *