Semarak Memperingati HUT RI, Ponpes Al-Ishlah Mengadakan Lomba Gerak Jalan

Tak kurang 2168 santri SMP Muhammadiyah 12  Paciran (1207 santri) dan MA al-Ishlah Sendangagung (961 santri) mengikuti Lomba Gerak Jalan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77.

Kegiatan ini diselenggarakan Ponpes al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan yang bertempat di Desa Sendangagung.

Kegiatan berlangsung dari jam 07.30 (30/8) dengan garis start di SMP Muhammadiyah 12 Paciran dan finish di Ponpes al-Ishlah Sendangagung.

Jumlah regu keseluruhan sebanyak 129 regu. Regu putra baik kelas SMP maupun MA mengambil start pertama kemudian diikuti dengan regu putri.

Setiap regu memperagakan variasi dan formasi ketika berada di garis finish untuk mendapatkan nilai terbaik di hadapan para juri.

Ustadz Habib Chirzin, selaku ketua panita kegiatan mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah melahirkan jiwa patriotisme bagi para pelajar.

“Tujuan diadakannya gerak jalan ini sebenarnya untuk mengenang jiwa patriotisme para pahlawan. Karena para pahlawan dahulu meraih kemerdekaan dengan perjalanan panjang. Mereka bersama-sama meraih kemerdekaan. Maka dari itu, sebagai pelajar Lomba Gerak Jalan adalah latihan diri untuk mengenang jiwa patriotisme pahlawan.”, ujarnya.

Lomba Gerak Jalan ini hadir kembali setelah dua tahun lalu vakum karena pandemi.

“Kegiatan ini lebih baik dari sebelumnya karena start setiap regu sesuai dengan nomor urutnya. Tak hanya itu, dari segi kostum juga sudah kreatif meskipun tidak ada perizinan pulang untuk itu”, imbuhnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan seni tongklek al-Ishlah untuk menambah kemeriahan. Kelompok seni ini mengiringi regu gerak jalan hingga tiga kali. Pertama saat awal keberangkatan santri putra. Kedua di awal keberangkatan santri putri. Terakhir di belakang barisan akhir santri putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *