PRAMUKA; MELATIH KERJASAMA, KEKOMPAKAN, DAN KEMANDIRIAN


MA AL-ISHLAH. Waktu santri yang sering kosong kini mulai terisi kembali dengan adanya acara-acara rutin yang mulai dilaksanakan. Tak memiliki muhadhoroh dan pramuka. Saat muhadhoroh mulai dibuka pada senin kemarin (02/08), pramuka pun ikut dibuka kembali.


Pramuka memang diwajibkan bagi setiap siswa MA AL-ISHLAH. Pasalnya menurut sebagian oknum, pramuka memanglah sangat penting. Contohnya saja M.Miftakhul Rafif, dia mengungkapkan bahwa “Pramuka diwajibkan karena memang penting, bukan hanya perintis, PBB, tali temali saja tapi lebih dari mengajarkan kita tentang kerjasama, kekompakan, juga kemandirian,”ungkap bagian kepramukaan BESMA itu saat diwawancarai.


Pembukaan pramuka yang dilaksanakan di lapangan pondok itu hanya dipersiapkan oleh bagian kepramukaan saja, melainkan melibatkan bantuan PAT (Tim Pramuka Al-Ishlah). PAT sendiri adalah anak-anak pilihan yang telah diseleksi dari hanya beberapa siswa, yang nantinya akan menjadi kontingen MA-ALISHLAH jika ada perlombaan dan Bertugas membantu bagian kepramukaan, buktinya saja PAT kini membantu persiapan pembukaan yang dilaksanakan kemarin (03/08) dengan membuat perintis yang berbentuk kelelawar dan kalajengking. Yang diselesaikan dalam kurun waktu 3 hari.


Pada pembukaan pramuka kali ini, pihak yang terlibat bukan hanya dari PAT saja, tapi juga melibatkan bagian prasarana umum OPPI dalam mempersiapkan alat-alat elektronik seperti sound, mix, dan sebagainya. “Sebelum dimulai kami sudah mengecek power, mixer, kabel-kabel, juga yang lain agar acara dapat berjalan dengan lancar,” ujar A. Bilal Febrian selaku salah satu bagian prasana umum OPPI.


Acara berlangsung dengan hikmat. Acara yang dimulai setelah Sholat ashar ini ditutup dengan permainan tongklek yang dibawakan kelas 2 Aliyah, ditambah dengan penampilan akustik yang dibawakan oleh kelas 2 dan 3 Aliyah.


Yang sedikit membedakan dari tahun sebelumnya, pembukaan pramuka kali ini diselenggarakan bersama anak SMPM 12 Sendangagung. Yang pada tahun sebelumnya, pelaksanaan pramuka antara Aliyah dan SMP diadakan di tempat yang berbeda. Tapi kali ini digabung “Memang digabung pembukaannya tapi untuk ekstra hari tetap dipisah. Nanti Aliyah di lapangan pondok dan yang SMPM di lapangan asrama,” ujar M. Khoirul Fatihin yang juga merupakan bagian kepramukaan BESMA.


Rencana bagian kepramukaan akan mengadakan acara “Scout One Collage”. Jadi ekstra pramuka akan berjalan seperti biasanya. Hanya mengalami penambahan waktu yakni hari Kamis yang akan diselenggarakan “Scout One Collage” tersebut. Menurut Rafif, acara ini akan dilaksanakan dua minggu satu kali. Tapi itupun masih diusahakan oleh bagian kepramukaan BESMA “Acara itu masih kami rencanakan atas perintah atasan,” tambah Rafif.


Pramuka di MA AL-ISHLAH sudah tercatat banyak mengikuti lomba kepramukaan. Dan sesering itu pula pulang memborong piala, buktinya saja ada ruang khusus untuk piala-piala yang didapat dari lomba pramuka di. Buktinya lagi bahkan salah satu pembina pramuka bagian putri yakni ustadzah Sri Welas pernah menjelajah negeri Gajah Putih sekaligus berkunjung ke Singapura karena pramuka (kisah beliau dapat dilihat di majalah Al-Ishlah perekat umat edisi-25)
Tapi sekarang para santri mulai malas untuk mengikuti pramuka. Setiap hari ekstra TV bagian kepramukaan selalu mengevalausi apa kekurangannya. Dan dari sebagian besar masalah adalah para siswa yang malas berpramuka, kurang disiplin dan semangat, sampai tidak mengenakan atribut lengkap. Tidak sesuai yang ditegaskan bagian kepramukaan.


Untuk mengatasi bagian kepramukaan mulai tegas. Fatihin mengungkapkan bahwa bagian pramuka akan semakin tegas dan akan menjalankan peraturan-peraturan yang telah lama mati.