POSDA: Ajang Membangun Kebersamaan, Kejujuran, Kedisiplinan dan Sportifitas

Pekan Olahraga dan Dakwah (POSDA) merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahunan Organisasi Pelajar Ponpes al-Ishlah (OPPI). Seharusnya, kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus sebagai semarak peringatan hari kemerdekaan RI. Namun, dengan padatnya kegiatan lembaga menjadikan kegiatan ini tergeser dilaksanakan pada bulan September.

Kegiatan POSDA merupakan wadah kreatifitas santriwati Ponpes Al-Ishlah, baik secara akademik maupun non-akademik. Kegiatan POSDA kali ini mengusung tema “Develop the Character of Z Generation, and Make Santri as The Center of Nation’s Successor”.

Mengingat zaman sekarang yang cukup canggih dengan munculnya berbagai macam teknologi baru. Santri tidak boleh kalah dengan kemajuan dan perkembangan teknologi tersebut. Bahkan santri harus bisa selangkah lebih maju untuk memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi tersebut, misalnya sebagai media dakwah Islamiyah.

Banyak generasi zaman sekarang yang diperbudak oleh teknologi, terutama gadget. Dengan reasoning tersebut anak-anak terinspirasi mengusung tema tersebut.

Dengan semangat yang menggelora dalam jiwa mereka, meskipun rangkaian kegiatan yang cukup padat di hari Kamis (31/8/23), mereka tidak kenal lelah untuk tetap melanjutkan pembukaan POSDA di hari Jum’at (1/9/23).

Sebagaimana pengakuan salah satu santriwati, Meila Zulfa dan Mahira Salwa bahwa persiapan yang dilakukan hanya satu hari. Mereka dan tim membuat bendera di kamar sampai jam 12 malam. Tetapi hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka. Sebab, terobati dengan berjalannya kegiatan pembukaan POSDA yang cukup seru. “Sangat menggembirakan dan seru, Ustadzah”, ujar mereka.

Terdapat lomba-lomba yang diikutsertakan dalam kegiatan POSDA ini. Lomba-lomba yang diadakan merupakan gabungan ide antara ustadzah dan OPPI. Meski hanya beberapa lomba, lomba-lomba ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua santriwati Ponpes Al-Ishlah.

Di samping sebagai wadah kreatifitas dan dakwah santriwati Ponpes Al-Ishlah, kegiatan POSDA ini juga sebagai salah satu wadah mempererat tali silaturahim antara santriwati satu dengan yang lainnya. Dari kegiatan ini mereka juga dapat belajar berbagai macam hal, seperti kerjasama, kedisiplinan, kejujuran, serta sportifitas.

Ustadzah Eltsa selaku Ketua Panitia dalam sambutan pembukaan POSDA mengungkapkan bahwa, POSDA bukan hanya tentang mendapatkan juara, tapi juga tentang semangat kebersamaan, kejujuran, sportifitas, dan kreatifitas. Maka dengan begitu, perlu menjunjung tinggi nilai-nilai fair play (permainan yang adil dan jujur) dan saling menghargai satu sama lain, baik dalam perlombaan maupun di luar perlombaan.

“Harapan untuk POSDA kali ini, semoga dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara seluruh santriwati, serta dapat menjadi ajang pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga bagi semuanya”, pungkasnya sebelum menabuh gong sebagai tanda dibukanya kegiatan POSDA tahun ini.

Reporter: Fani Firda Yuniarti

Editor: Fani Firda Yuniarti

Proofreader: Phzdr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *