POSDA 8: Together to be Better

Setelah memperingati upacara hari kemerdekaan indonesia, PP Alishlah kembali menggelar kegiatan, yaitu Posda (Pekan olahraga, seni dan dakwah) yang diselenggarakan selama sepekan mulai dari tgl 3 – 9 september 2021. Sesuai namanya, kegiatan ini berisi lomba-lomba yang meliputi olahraga, kesenian dan dakwah. Dengan motto اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا yang artinya “Seorang mukmin dengan mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain.” Maka, dengan adanya POSDA ini diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas serta rasa kekeluargaan antar santri. Selain itu, POSDA diharapkan juga sebagai ajang para santri untuk menuangkan daya kreativitas dan bakat-bakat yang dimilikinya. Seperti yang disampaikan oleh M. Febri Firdaus (Ketua kamar SAF 1) bahwa dengan adanya POSDA, santri-santri yang dulunya masih malu-malu biar berani menunjukkan bakatnya. Di sisi lain, supaya santri-santri betah di pondok dan dapat menggurangi rasa tidak kerasannya.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan posda diawali dengan upacara, dengan OPPI sebagai petugas upacara dan Habib Chirzin sebagai pembina upacara sekaligus pembuka POSDA tahun ini. Kemudian, upacara diakhiri dengan penampilan yel-yel dari setiap kamar dan menyayikan bersama hymne Al-Ishlah. Sedangkan, dalam jenis perlombaan yang diselemggarakan sangat bervariatif, mulai dari futsal, takraw, desain masker, gambar poster, kolase, bahasa dan lain sebagainya.

Dengan semangat “Together to be better” setiap anggota kamar saling berusaha menjaga kekompakan dengan saling support antara satu dengan yang lainyya. Tak luput juga setiap kamar juga berlomba-lomba dalam hal kekreativisan, yaitu dengan memakai dresscode ketika bermain atau membuat ikon atau maskot yang mencerminkan identitas kamar. (LHZH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *