PENSI: INDONESIAN CULTURE AND HISTORY SCENERY


Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau dari sabang hingga merauke, beragam suku, budaya. Berbicara tentang kebudayaan bangsa yang beragam, sebagai seorang pelajar juga remaja yang memiliki peran penting sebagai generasi penerus dalam mengemban amanah untuk menjaga dan melestarikan budaya. Salah satunya dengan membuat acara yang berkaitan dengan kebudayaan, seperti halnya pergelaran pentas seni 2021 yang mengusung tema Indonesian Culture And History Scenery.

Pentas Seni akbar tahunan yang diselenggarakan pada 28 dan 29 Juli kemarin, bertempat di Lapangan STIQSI (Sekolah Tinggi Ilmu al-Quran dan Sains al-Ishlah), yang bertujuan untuk membangkitkan kebudayaan negeri, dan mewujudkan masyarakat Islam yang madani. Meminjam istilah dari bapak proklamator, Bung Karno: JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah), dari sinilah dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah unsur penting dalam membangun peradaban bangsa, yang mana budaya adalah produk pentingnya.


Acara ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam, dengan persiapan yang dilakukan selama satu bulan. “Pengurus OPPI 2021 beserta seluruh partisipan telah berhasil mengartikulasikan dengan tampilan-tampilan spektakuler apa yang telah menjadi konsep dan belajar mengikat semangat dengan jadwal,“ ujar Mutiatuz Zakiyatus selaku ketua panitia.


Tidak terdapat kendala serius selama berjalannya acara. “Pensinya meriah, bagus banget. Baru kali ini saya liat background panggung sekeren itu. Apalagi bikin sendiri,” Ujar Jihan, salah satu santri baru ketika diwawancara oleh tim redaksi. (RM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *