Pengarahan UAS Semester Genap 2022/2023: “Kecurangan dalam Ujian Bukan Ciri Khas Siswa-Siswi MA Al-Ishlah”

Pukul 07.00 WIB (27/05), seluruh siswa-siswi MA Al-Ishlah berkumpul di Lapangan MA Al-Ishlah untuk mendengarkan pengarahan Ujian Akhir Sekolah (UAS) Semester Genap 2022/2023 bersama Al-Ustadz Drs. Agus Salim Syukron, M. Pd. I., selaku Kepala Sekolah MA Al-Ishlah.

Ujian Akhir Sekolah (UAS) akan berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 15 Juni mendatang. Selama kurang lebih tiga minggu itu, siswa-siswi MA Al-Ishlah akan melewati berbagai macam ujian, di antaranya seperti Ujian Madrasah (27 Mei-5 Juni), Ujian Diniyyah (6 Juni-11 Juni), Ujian Lisan (12 Juni-14 Juni) dan Ujian praktik (15 Juni).

Pengarahan bersama Kepala Sekolah MA Al-Ishlah di hari pertama ujian sudah menjadi apel yang wajib dilakukan. Karena dalam pengarahan tersebut, siswa-siswi MA Al-Ishlah akan diberi pemahaman dan pengertian tentang pentingnya ujian dengan menjadikan sifat jujur serta disiplin sebagai prinsip bagi mereka.

Al-Ustadz Agus Salim sangat mempertegas peraturan selama ujian berlangsung, bahwa siswa-siswi MA Al-Ishlah dilarang keras untuk berbuat kecurangan dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Kalau menjadikan ujian sebagai permainan, berbuat kecurangan seperti mencontek dan sebagainya, jangan mengikuti ujian! Kecurangan dalam ujian bukan ciri khas dari siswa-siswi MA Al-Ishlah!” Tegas beliau.

Berlaku jujur dan disiplin dalam mengerjakan soal-soal ujian merupakan bagian dari pendidikan akhlak yang dijadikan prinsip bagi MA Al-Ishlah. Bahwasannya hal ini juga merupakan implementasi dari ajaran Islam, yang mengutamakan akhlaqul karimah dari pada hasil rapor akademik.

“Jadilah anak-anak yang selalu ingat pada kebenaran dimanapun berada dan kapapun. Sebagaimana wasiat dari Rasulullah SAW. “Katakanlah, aku beriman kepada Allah dan ber-istiqomah dalam beriman.” Termasuk mendidik anak-anak ber-istiqomah beriman dalam beragama dan berakhlak karimah.” Pesan dari Ustadz Salim.

Selain itu beliau juga menegaskan ulang tentang kebersihan ruang ujian dan kerapian berseragam siswa-siswi MA Al-Ishlah yang harus diperhatikan selama ujian berlangsung.

Sebagai penutup apel, Ustadz Salim membuka UAS Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 ini dengan bacaan basmalah dan do’a bersama.

Reporter: Yeni Ika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *