Pengarahan Sebelum KBM Dimulai

Sebagai permulaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Semester Genap di Ponpes Al-Ishlah, seluruh Santri Al-Ishlah baik tingkat MA dan SMP tadi pagi melakukan apel bersama di sekolah. Untuk tingkat MA, apel dilaksanakan pukul 07.30 di Lapangan MA Al-Ishlah dan tingkat SMP pukul 09.00 di Lapangan SMPM 12 Paciran.

Masing-masing tingkat akan mendapatkan pengarahan dari kepala sekolah terkait KBM Semester Genap. Mulai besok (06/02/2022), seluruh kegiatan ekstrakurikuler diaktifkan kembali, diawali dengan kegiatan Olahraga mingguan.

Ustadz Drs. Agus Salim Syukron, M. Pd. I. selaku Kepala Sekolah MA Al-Ishlah membuka KBM Semester Genap dengan mengajak siswa-siswi MA Al-Ishlah membaca basmalah dan gema takbir. Kemudian sebagai penutup, beliau mengumumkan hasil pemilu dan sidang formatur BESMA (Badan Eksekutif Siswa MA Al-Ishlah) yang dilakukan sebelum liburan.

Untuk BESMA putra tahun ini akan diketuai oleh Maqdis Jannatan Ahmad Zain (XI IPS 1) dan Azmy Haidar Hakim (XI IPS 1) sebagai wakilnya. Sedangkan BESMA putri akan diketuai oleh Aisyah Maulidiyah Najma (XI IPA 4) dan Norma Binar Khalika (XI IPS 4) sebagai wakilnya. Seluruh pengurus BESMA yang baru ini akan dilantik pada tanggal 13 Januari 2023 mendatang.

Dilain tempat, apel tingkat SMP dilaksanakan secara gabungan antara Madrasah Diniyah Wustha dan SMPM 12 Paciran. Apel dipandu oleh Pak Muhammad Raji, S. Pd. dengan mempersilahkan Ustadz Abdul Khaliq S., S. Pd. selaku Kepala Sekolah Diniyah Wustha dan Ustadz Aminuddin S. Pd. selaku Kepala Sekolah SMPM 12 Paciran untuk memberikan pengarahan kepada siswa-siswi SMPM 12 Paciran.

Ustadz Khaliq menyampaikan beberapa informasi, salah satunya yakni tentang pelaksanakan Workshop Pelatihan Penulisan Khat yang telah diikuti oleh Ustadz dan Ustadzah di waktu liburan. Dengan demikian, inshaAllah masing-masing kelas akan difasilitasi papan tulis khusus untuk menulis tulisan Arab dengan kaidah-kaidah Khat yang benar.

“Mulai dari sekarang, semangat belajarnya ditingkatkan lagi,” akhir kata pengarahan dari Ustadz Khaliq.

Pengarahan selanjutnya yakni dari Ustadz Aminuddin, beliau menambahkan informasi bahwasannya saat ini, SMPM 12 Paciran merupakan sekolah yang mengikuti program Adiwiyata. Oleh karenanya, beliau mengajak siswa-siswi SMPM 12 Paciran untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah, termasuk kebersihan masing-masing kelas. Di akhir pengarahan, beliau memberikan motivasi belajar kepada siswa-siswi SMPM 12 Paciran sebagai awal untuk memulai semester genap.

“Manfaatkanlah kesempatan dengan sebaik-bbaiknya, tidak semua anak yang seberuntung anak-anak disini bisa mondok dan belajar dengan nyaman,” ujar Kepala Sekolah SMPM 12 Paciran, yang kerap disapa Mr. Amin.

Usai seluruh siswa-siswi melakukan apel, baik tingkat MA dan SMP, kegiatan selanjutnya yakni bersih-bersih kelas dan pembagian buku LKS Semester Genap, serta penyetoran rapor yang langsung dikoordinir oleh wali kelas masing-masing. Demikian kegiatan awal semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Ponpes Al-Ishlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *