Pengarahan Khutbah Jumat. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah: Berkhutbahlah karena lebih bermanfaat

“Orang yang berkhutbah manfaatnya lebih banyak dari pada yang tidak berkhutbah” begitulah salah satu ungkapan yang disampaikan ustaz Dawam Shaleh dalam pengarahan khutbah jumat pada Sabtu (20/01/23) kemarin.

Khutbah oleh kelas 12 sudah ada sejak pondok pesantren untuk madrasah aliyah berdiri. Salah satu orang yang pertama adalah ustaz Gondo Waluyo. Sebelum itu yang bertugas berkhutbah adalah para guru.

Beliau berpesan kepada kelas 11 dan 12 supaya tetap berkhutbah meskipun sudah keluar pondok nantinya, karena orang yang berkhutbah lebih baik dari pada yang tidak berkhutbah. Meskipun nantinya jurusan kuliah yang diambil adalah jurusan umum, tidak menjadi alasan untuk tidak bisa berkhutbah.

“Meskipun nantinya kamu mengambil jurusan umum, seperti jurusan teknik, pertanian, kedokteran, tetaplah berkhutbah karena kalian itu lulusan pondok. Meskipun nanti kalian di luar harus siap bekhutbah, karena itu sangay bermanfaat bagi banyak orang,” Pesan ustaz Dawam kepada para santrinya.

Beliau mengambil permisalan salah satu alumni Al-Ishlah yang berkuliah di Jakarta. Anak tersebut diminta oleh ta’mir masjid di Jakarta untuk menjadi marbot masjid. Tetapi tak disangka bahwa anak tersebut bisa menggantikan imam yang tidak hadir, dapat mengajar mengaji anak kecil, dan bisa menggantikan khotib yang tidak hadir. Karena keseriusan dan keuletan anak tersebut, ia mendapat hadiah dari masyarakat sekitar sebuah mobil avanza.

Di samping itu beliau juga melarang niat berkhutbah karena amplop. Sebaliknya beliau menegaskan hendaklah niat berkhutbah adalah ikhlas karena Allah. Niat yang ditanamkan adalah untuk mengembangkan ilmu, berdakwah, bertabligh, dan mengamalkan syariat islam.

Beliau juga memberikan contoh melalui dirinya yang telah dimintai berkhutbah oleh masyarakat sendangagung sampai sekarang. Bahkan pada tahun 1971 beliau sudah dimintai berkhutbah idul fitri oleh masyarakat.

Reporter: Abdulida Avant
Editor: Azka Ziadah A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *