Pelantikan Pengurus BESMA 2021/2022


Genap sudah kepengurusan BESMA (Badan Eksekutif MA Al-Ishlah) tahun 2020/2021. Karena dengan memperhatikan telah berakhirnya masa tugas pengurus BESMA tahun 2020/2021 dan telah dipilihnya serta dikukuhkannya pengurus BESMA tahun 2021/2022


dengan menimbang bahwa salah satu fungsi BESMA adalah sebagai wahana organisasi bagi siswa MA Al-Ishlah dan prinsip pendidikan Pondok Pesantren Al-Ishlah yaitu “SIAP MEMIMPIN DAN DIPIMPIN”


Dan mengingat anggaran dasar BAB V Pasal 12 tentang masa jabatan dan anggaran dasar bab VI pasal 13 tentang musyawarah pemilihan ketua dan wakil ketua BESMA. Maka dengan sahnya kepemimpinan BESMA TANGGUH diserahkan kepada BESMA yang baru diadakannya pelantikan pada Jumat (14/1/2022) kemarin.
Acara yang berlangsung di masjid jami’ Al-Ishlah tersebut berjalan lancar tanpa kendala. Tapi dibumbui dengan sedikit ucapan perpisahan dari waka kesiswaan. Ustadzah Muthmainah sebagai waka kesiswaan sejak BESMA masih berada di titik nol dengan sah pada bicaranya menyerahkan jabatan waka kesiswaan pada Ustadzah Umi mawardah (saudara kandungnya sendiri).
Beliau telah menemani BESMA dari titik nol sampai bisa berkembang seperti sekarang. turunnya beliau sebagai waka kesiswaan bukan berarti beliau lepas tangan tapi beliau masih tetap membantu para siswa.


Ada sesuatu yang baru jika penerimaan jabatan BESMA dari ketua lama ke ketua yang baru dengan didampingi oleh wakilnya. Penyerahan jabatan oleh ketua BESMA biasanya hanya diwakili oleh tetapi tahun ini wakil ketua juga ikut hadir seperti acara jabatan OPPI.
Selayaknya pelantikan yang diadakan memiliki latar belakang seperti yang sudah-sudah dari tahun ke tahun. Background pada tauliyah(kata dalam bahasa arab yang berarti pelantikan) kali ini menggunakan dominasi warna krem.
Dipilihnya warna tersebut bukan tanpa alasan. ”Karena warna ini belum digunakan dari dulu,” ujar Moh. Miftakhul Rafif sebagai penggas warna. “Aslinya mau menggunakan warna krem ​​tua tapi ada kesalahan dalam proses pembelian, jadinya kream gitu. Tapi jadinya juga bagus, serasi dengan warna masjid,” tambahnya.
yang digunakan untuk membuat latar belakang waktu satu minggu Persiapan dengan melibatkan 7 personel utama dan dana kurang lebih Rp 350.000,00.
Warna krem ​​tersebut tidak hanya warna krem ​​saja tetapi didalamnya terdapat batik-batik dan tulisan tuliyah itu sendiri. Batik tersebut didapat dari batik yang ada di baju taqwa.
Persiapannya juga meliputi membuat panggung yang memakan waktu 2 hari untuk mempersiapkannya, begitu pula menyediakan kursi 75 biji bagi tamu undangan, 20 meja, dan 90 bangku untuk selamat lainnya, ungkapkan Reza izudin.


Selain itu jika pada tauliyah OPPI kemarin menggunakan pionering berbentuk robot yang membawa lambang periode (THE HOLY SERVANT). pada tauliyah BESMA kali ini anak-anak PAT berkreasi membuat CENTAUR pionir. Dengan proses pembuatan 2 malam yang menggunakan 120 tongkat kecil dan banyak tali.
Centaur sendiri terinspirasi dari hewan mitilogi yunani yang berbentuk setengah kuda pada bagian bawah dan manusia pada bagian atas. penamaannya pun disamakan seperti idola yakni Centaur.


Centaur adalah perlambangan kekuatan dan kesetiaan seorang kesatria dalam menjalankan kewajiban. Sepeti dalam sejarahnya Centaur selalu menjaga mata air yang diamanahkan kepadanya sampai ia benar-benar tumbang. Sehinggalah BESMA tahun jabatan 2021/2022 diberi nama BESMA TUNTAS.


BESMA TUNTAS memiliki arti Tekun Tanggap Semangat dan harapannya tak mengecewakan nama tapi juga merasuk pada anggotnya. “Kami berharap tugas BESMA tuntas semuanya,” ujar Azriel Kevin Al-farizqi sebagai calon ketua BESMA tahun 2021/2022.
Kevin merupakan nama ketua yang terpilih pada pemilu MA Al Ishlah dan sidang formatur kemarin dengan didampingi oleh Gastiadirija Raja sebagai wakilnya.


Siswa yang berasal dari Solokuro tersebut mengaku merasa senang karena dapat dipercaya banyak orang tetapi juga merasa berat ketika mengalami amanah yang bukan main-main. Meski sempat mengalami demam dan kecapekan saat H-1 acara. Alhamdulillahnya Kevin masih dapat maju dalam tauliyah kemarin dengan khutbah bahasa arabnya yang ia perrsiapakn sejak H-5 acara.


“Harapannya BESMA tahun ini terus menerus Rajin,Semangat,Sabar,Ikhlas Dan Istiqomah dalam menjalankan amanahnya sehingga terwujudnya MA AL-ISHLAH yang lebih maju untuk kedepannya,” tambah siswa dari kelas XI IPA2 tersebut.

(Reporter : Abdullida Avant Siracahya Satria Ketua Dewan Pers BESMA 2021/2022)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *