Pagi Cerah Kota Pelajar

Sebelum liburan semester ganjil lalu, tanggal 19 Desember 2019. Ketika kelas 1 dan 3 SMP sudah kembali ke rumahnya masing-masing, kelas 2 SMP berada di Jogjakarta untuk melakukan study tour tahunan SMPM 12 Paciran, setelah tahun kemarin pergi ke Malang, maka tibalah giliran mereka untuk belajar sambal touring ke kota pelajar Jogjakarta. Bisa dibilang, agenda ini ialah salah satu agenda yang sangat ditunggu oleh para santri dikarenakan dengan mengikuti study tour Jogjakarta ini berarti mereka bisa pergi ke luar pondok, melepas beban pikiran saat mencari ilmu.

                Rabu malam, tanggal 18 Desember 2019 mereka berangkat dari pondok menuju ke SMP Muhammadiyah 12 untuk berkumpul di sana sebelum mulainya perjalanan. Pada malam itu juga mereka mulai berangkat menuju kota tujuan.

                Tujuan pertama yakni Candi Borobudur, Taman Pintar, Jl. Malioboro, kemudian berkunjung pada pusat oleh-oleh yang sangat terkenal di Jogjakarta, yaitu Djava Bakpia. Study tour pada tahun ini berjalan dengan lancar, karena pada study tour 2 tahun sebelumnya siswa mudalas terganggu dengan turunnya hujan. “Ketika saya mendengar cerita kakak-kakak kelas saya, bahwa study tour 2 tahun sebelumnya diguyur hujan, saya sempat merasa was-was. Tapi Alhamdulillah, study tour ini hanya turun pada malam hari, ketika kami beristirahat,” ujar salah seorang peserta study tour.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *