MUTIARA MALAM, BEKAL PULANG SANTRI DARI KYAI

Liburan menjadi hal yang dinanti oleh para santri Al-Ishlah setelah 20 hari menjalankan puasa di pesantren. Orang tua, rumah dan isinya, serta keluarga dan kawan lama menjadi alasan rindu untuk bersua. pada tanggal 21-22 April 2022, tepatnya pada hari Kamis dan Jum’at menjadi agenda perpulangan para santri Al-Ishlah.

Sebelum agenda perpulangan tiba, seperti biasa para santri akan mendapatkan untaian-untaian nasihat dari Kyai Dawam pada malam harinya. Nasihat-nasihat yang diramu beliau dari cerita-cerita nyata dengan sentuhan guyonan-guyonan agar mudah dicerna. Beberapa nasihat selalu beliau ulang-ulang agar diingat dan diterapkan oleh para santri ketika di rumah.

Malam ini (20/04) Kyai Dawam menyematkan mutiara-mutiara sebagai bekal para santri pulang ke rumah agar menjadi sebuah hikmah. “Meskipun di rumah, tetap terapkan kebiasaan-kebiasaan baik di pondok seperti bangun sebelum subuh, sholat berjamaah, dan hal-hal baik lainnya.” tuturnya. Beliau juga menegaskan bahwa liburan bukanlah untuk bermalas-malasan, akan tetapi diisi dengan sesuatu yang bermanfaat seperti membantu orang tua dan membaca buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *