Muhadlarah: Melatih Softskill Para Santri

Saat ini kemampuan berbicara di depan umum memiliki peran yang penting. Kemampuan tersebut memerlukan kepercayaan diri yang tinggi. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Ishlah memiliki cara tersendiri dalam meningkatkan kemampuan santrinya berbicara di depan umum. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan adanya acara rutin mingguan yang biasa disebut dengan Muhadloroh.


Muhadloroh adalah kegiatan yang berperan sebagai wadah para santri untuk menuangkan bakat mereka dalam berbicara di depan umum. Kegiatan tersebut mewajibkan para santri untuk berpartisipasi didalamnya. Para santri dibagi dalam beberapa kelompok, di dalam kelompok tersebut santri mendapat giliran dalam berpidato.


Organisasi yang terlibat dalam berjalannya kegiatan ini adalah BESMA (Badan Eksekutif Siswa Madrasah Aliyah al-Ishlah). Salah satu bagian yang mengurus kegiatan muhadloroh adalah bagian ketaqwaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari senin dengan memakai seragam resmi pondok.


Pada kesempatan ini bagian ketaqwaan membuka acara muhadloroh semester ganjil (2/8) yang bertempat di Masjid Jami’ Al-Ishlah. Kegiatan berjalan khidmat tersebut, meskipun terdapat beberapa kendala saat acara berlangsung, dengan dihadiri siswi MA Al-Ishlah di bawah bimbingan Siti Fatimatuz Zahrah, selaku pembina. (AHI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *