Muhadlarah dan Mudzakarah; Meningkatkan Performa Public Speaking Siswa dengan Bacaan dan Tulisan

Muhadlarah dan Mudzakarah MA Al-Ishlah adalah kegiatan mingguan yang merupakan bagian dari ekstrakulikuler wajib yang diikuti oleh para siswa dan siswi MA Al-Ishlah, jika Muhadlarah diikuti oleh kelas 10 dan 11 MA Al-Ishlah, Mudzakarah khusus diadakan untuk kelas 12 akhir.

Dua kegiatan ini memiliki runtutan acara yang sedikit berbeda namun saling berkaitan, tujuan diadakannya Muhadlarah adalah untuk melatih siswa agar memiliki kecakapan tampil di depan umum, dengan runtut acara yang dipandu MC (Master of Ceremony) berupa; Pembukaan, Menyanyikan Mars MA Al-Ishlah dan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Pidato bahasa Arab dan Inggris, Resting dan Penutupan.

Khusus pidato menggunakan bahasa Arab dan Inggris hal ini didasarkan pada identitas pondok sebagai Pondok bahasa, sekaligus implementasi persiapan generasi muda islami yang cinta negeri dan berwawasan global.


Sedangkan tujuan Mudzakarah adalah untuk melatih skill berdiskusi yang baik dengan persiapan pembuatan makalah yang dipandu langsung oleh Advisor dari mahasiswa STIQSI (Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an dan Sains Al-Ishlah), pembuatan makalah ini diperkuat dengan sumber-sumber bacaan buku ataupun jurnal sehingga diharapkan melahirkan diskusi yang baik, adapun runtutan acara Mudzakarah yang dipandu Moderator yaitu; Pembukaan acara oleh MC, Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang relevan dengan tema yang akan didiskusikan, Penyampaian materi oleh Penulis artikel, Sesi diskusi dan tanya jawab. Terakhir, Notulen membacakan kesimpulan dan beberapa penjabaran penulis atas pertanyaan dari audience.


Pembukaan Muhadlarah dan Mudzakarah semester ganjil (2/8), dibuka di Aula pondok pesantren Al-Ishlah, sasaran acara ini adalah menampilkan para siswa terbaik yang nantinya menjadi contoh dan patokan siswa lainnya dalam mengikuti kegiatan Muhadlarah dan Mudzakarah kedepannya.

Acara dibuka oleh Shofwan selaku Pembina Muhadlarah, ia menegaskan, “Muhadlarah dan Mudzakarah adalah kegiatan yang berguna tidak hanya meningkatkan performa siswa saat di atas panggung tetapi juga mengajarkan siswa pentingnya persiapan yang matang sebelum tampil, eksekusi yang baik saat tampil dan evaluasi yang terbuka setelah tampil, sehingga Muhadlarah dan Mudzakarah adalah acara yang tidak hanya diikuti sekali dua kali, tetapi diikuti secara rutin dan berkala oleh seluruh sisiwa MA Al-Ishlah”.(MZR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *