Merelakan Liburan, santri OPPI Datang Lebih Awal

alishlah.ac.id – Masa libur santri OPPI Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan telah berakhir hari selasa (3/1/2023). Mereka adalah santri dari kelas 11 MA al-Ishlah yang harus rela waktu liburnya lebih pendek daripada santri lain.

Mereka baru liburan pada tanggal 22 Desember 2022 sedangkan santri lain sudah mulai liburan sejak tanggal 18 Desember 2022. Selain itu, kedatangan mereka juga lebih awal dari santri lain yang baru akan datang esok hari, rabu (4/1/2023).

Santri OPPI setelah datang mengisi data kehadiran dan menyerahkan SKJ (surat keterangan jalan)

Beberapa dari mereka sudah mulai berdatangan sejak pagi hari bahkan ada yang yang tidak pulang sama sekali. Mereka memiliki batas waktu kedatangan di pondok. Bagi santri OPPI putra, batas waktunya adalah jam 3 sore sedangkan bagi santri OPPI putri, batas waktu kedatangannya adalah jam 5 sore.

M. Haris Al-Akhtar, santri OPPI asal Bojonegoro merasa biasa saja atas kedatangannya yang lebih awal daripada santri-santri lainnya yang baru datang hari rabu.
“Saya rasa sama saja, toh nanti juga akan kembali semua ke pondok”, ungkap santri yang berasal dari kelas 11 IPS 2.

Sementara Khoiruziddan, santri kelas 11 Agama 1 merasa berat kembali ke pondok lebih awal dari santri lainnya. Meskipun begitu, ia tetap datang sesuai jadwal yang ada.

“Aslinya berat kembali lebih awal, tapi harus tetap dijalani karena pasti ada hikmah dibalik itu semua”, ujar santri yang berdomisili Tuban tersebut.

Lain halnya dengan ungkapan Abdul Halim Satria, santri OPPI asal Bawean yang merasa seru saja datang ke pondok lebih awal karena banyak teman.

“Rasanya seru ke pondok lebih awal karena banyak teman-teman, bisa bertemu dan bermain bersama”, ungkapnya yang juga dari kelas 11 Agama 1.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah, Al-Ustadz Drs. KH. Muhammad Dawam Sholeh setelah sholat maghrib berjamaah.

“Selamat datang kembali di pondok, kalian adalah santri-santri yang datang pertama daripada santri-santri yang lain. Karena kalian adalah calon pemimpin yang harus siap memberi contoh”, ungkap beliau kepada para jamaah santri OPPI yang telah datang.

Selain itu, beliau juga senang mendengar bahwa para santri melaksanakan nasehat yang diberikan sebelum liburan.

“Alhamdulillah, nasehat-nasehat liburan yang saya sampaikan dijalankan. Sholat 5 waktunya tetap terjaga, tidak aneh-aneh, membaca bukunya juga tetap terjaga, begitu juga tahajud masih berjalan”, tambah beliau.

Kontributor: Al-Ustadz Kavy Shobah & Al-Ustadz Labib Hafizzada Hermanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *