Mengukur Kemampuan Siswa-Siswi MA Al-Ishlah Melalui TOAEP

Di dalam rangka tindak lanjut terhadap pengembangan kemampuan berbahasa Inggris, STIQSI LDC mengadakan agenda TOAEP (Test of Academic English Proficiency) bagi siswa dan siswi kelas 12 MA Al-Ishlah yang diadakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26 Februari 2022), yang diadakan di Laboratorium komputer 1 dan 2 STIQSI. Agenda tersebut merupakan realisasi dari wacana sebelumnya tentang pengadaan TOAEP bagi siswa dan siswi sebagai TOEFL-like test (tes serupa dengan TOEFL) untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi-materi oleh para peserta sekaligus memprediksi skor TOEFL mereka.

Tes TOAEP diselenggarakan oleh pihak STIQSI LDC (Language Development Center) yang bekerja sama dengan MA Al-Ishlah. Tujuan tes ini untuk mengenalkan pengetahuan dan memberikan pengalaman perihal tes TOEFL kepada kelas 12.

Selain itu, tujuan lain diadakannya TOAEP ini sekaligus untuk memprediksi dan mengukur kemampuan mereka dalam memahami materi-materi TOEFL. Dimana materi tersebut sudah dipelajari selama satu semeseter dibawa bimbingan Mr. Amirruddin Hadi Wibowo, selaku Guru mata pelajaran Structure kelas 12.

Sekitar H-5 sebelum tes dilaksanakan, beberapa anggota STIQSI LDC memberikan sosialisasi terkait pengadaan TOAEP beserta teknis pelaksanaannya kepada kelas 12 di kelas masing-masing. Mereka harus mengerjakan sekitar 140 soal dalam rentan waktu sekitar 2 jam yang terdiri dari 3 sesi,

Yaitu:

  1. Sesi pertama: Listening, 50 soal dalam waktu 30 menit
  2. Sesi kedua: Structure, 40 soal dalam waktu 25 menit
  3. Sesi ketiga: Reading, 50 soal dalam waktu 55 menit

Tes ini wajib diikuti oleh seluruh kelas 12, yaitu sejumlah 11 kelas yang dilakukan secara bergantian. Sejak hari Jumat pagi hingga malam, kemudian dilanjut hari Sabtu sore hingga  malam. “Alhamdulilllah TOAEP ini berjalan dengan lancar dan mereka tinggal menunggu hasil yang akan diumumkan dalam waktu dekat ini” Ucap Mr. Amirruddin Hadi Wibowo, selaku Guru mata pelajaran Structure kelas 12. (Admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *