Mengasah Skill Public Speaking dengan Mengikuti Kegiatan Muhadloroh

Al-Ishlah (01/08) – Sore ini Alhamdulillah kegiatan Muhadloroh SMP dan Aliyah telah resmi dibuka. Untuk pembukaan Muhadloroh SMP diadakan di Lapangan SMPM 12 Paciran, sedangkan untuk pembukaan Muhadloroh Aliyah diadakan di Masjid (putri) dan di Aula (Putra).

Muhadhoroh merupakan salah satu ekstrakulikuler wajib bagi santri SMP maupun Aliyah yang dilaksanakan setiap hari Senin Sore. Dalam sambutan pembukaan Muhadloroh SMP, Ustadzah Freti selaku Pembina Muhadloroh SMP mengatakan bahwa dengan mengikuti Muhadloroh santri Al-Ishlah diberi kesempatan untuk mengasah skill non-akademik mereka, salah satunya yakni skill public speaking.

Pembukaan Muhadloroh SMP di Lapangan SMPM 12 Paciran

Untuk Muhadloroh SMP setiap minggunya digilir sekitar 5-6 orator untuk membawakan pidato dalam Bahasa Indonesia. Mereka dilatih untuk berani berbicara di depan teman-teman mereka. Hal ini merupakan bentuk persiapan bagi mereka, sebelum kelak mereka menjadi pendakwah di depan khalayak luas.

Kemudian untuk Muhadloroh Aliyah  setiap minggunya digilir 10 orator untuk membawakan pidato dalam Bahasa Arab dan Inggris. Selain itu setelah semua mendapat giliran untuk pidato, terdapat minggu yang dikhususkan untuk sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini setiap kelas akan diberikan tema tentang isu keislaman untuk didiskusikan bersama.

Dalam pembukaan Muhadloroh Aliyah, disampaikan pula oleh Ustadzah Sumatul bahwa salah satu tujuan utama kegiatan Muhadloroh Aliyah ini ialah agar intensitas santri Al-Ishlah dalam berbahasa semakin meningkat. Karena mereka dilatih untuk menyampaikan pidato dalam Bahasa Arab dan Inggris.

Pembukaan Muhadloroh Aliyah di Masjid

“Selain tujuan utama tersebut, tujuan lainnya yakni kami sebagai Pembina ingin agar kelak santri Al-Ishlah sukses dalam mencapai cita-citanya, kemudian dengan adanya Muhadloroh ini mereka juga bisa mengembangkan prestasi non-akademik mereka, yaitu dengan terbiasa berbicara didepan orang banyak,” imbuh Ustadzah Sumatul.

Setelah Muhadloroh Aliyah dibuka oleh Ustadzah Sum, seluruh santri Aliyah segera memasuki kelas masing-masing untuk mendengarkan pembacaan tata tertib oleh Ustadzah.

Dengan adanya pembukaan Muhadloroh ini, baik SMP dan Aliyah diharapkan seluruh santri Al-Ishlah semakin memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan Muhadloroh setiap minggunya. Karena dari seringnya mereka berlatih untuk bericara didepan orang banyak, kelak mereka akan menjadi orang yang sukses dimanapun mereka berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *