Marching Band al-Ishlah Berhasil Meraih Juara Umum Pada WBL Marching Competition 2022

Marching Band al-Ishlah berhasil meraih juara umum Street Parade dan juara umum Concert tingkat Jawa Timur pada gelaran WBL Marching Competition 2022 di Wisata Bahari Lamongan (WBL) dalam rangka HUT WBL ke-18 (20/11).

Lomba ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Street Parade dan Concert dengan peserta dari tingkat SD, SMP, SMA hingga umum. Marching Band al-Ishlah tampil dalam dua jenis lomba tersebut.

Juara umum yang diraih merupakan akumulasi dari juara-juara kategori yang didapat, antara lain; juara 1 Concert Senior Class, juara 1 Music Analysis Senior Class, juara 2 Music Analysis Street Parade Senior Class, juara 1 Color Guard Contest Senior Class, juara 1 Color Guard Street Parade Senior Class, juara 1 Street Parade Senior Class, juara 1 Visual Effect Senior Class, juara 2 Visual Effect Street Parade Senior Class, The Best Field Commander Senior Class.

Tidak mudah untuk meraih prestasi demikian. Persaingan ketat harus dilalui dari grup Marching Band Malang, Bojonegoro, Mojokerto, Tuban, Lamongan. Mereka semua menampilkan pertunjukan terbaiknya. Terutama Marching Band Arpegio Tuban dan Taruna Mahardika Tunggul yang menjadi pesaing berat dalam soal prestasi. Masing-masing mendapatkan juara 2 Street Parade dan juara 2 Concert.

Menurut pelatih Marching Band al-Ishlah, Pak Ebing Herlavi, kunci kesuksesan Marching Band al-Ishlah terletak pada keseriusan.”Menjadi juara ini bukanlah gladi bersih, tidak ada yang namanya setengah-setengah. Hidup harus melakukan segalanya sepenuh hati, sekuat tenaga, dan bersungguh-sungguh. Karena pada akhirnya, seseorang akan mendapatkan sesuai dengan yang dia berikan. Jika kita memberikan sesuatu yang maksimal, maka hasilnya juga akan maksimal”, ujarnya.

Disiplin waktu membuat Marching Band al-Ishlah dapat menampilkan pertunjukan terbaiknya. Waktu untuk berlatih kurang lebih satu bulan dan dalam satu minggu melakukan 4 kali latihan.Pada lomba Street Parade, Marching Band al-Ishlah mendapat nomor urut 3 dari kategori Brass (terompet) dan start pada pukul 09.30 dari tempat parkir kemudian finish pada pukul 11.30 di pantai WBL. Adapun jenis Concert, Marching Band al-Ishlah tampil pada pukul 15.00 dan selesai pukul 15.20 di panggung gembira.

Suasana yang padat dan ramai pengunjung menambah keseruan lomba kali ini. Para suporter maupun peserta selain berlomba juga bisa menikmati wisata yang ada. Antusiasme para suporter dan peserta terlihat ketika pengumuman juara dibacakan. Kebahagiaan tidak bisa disembunyikan ketika nama-nama calon juara disebutkan.

Ustadz Yazid Husnan selaku koordinator dan pembina Marching Band al-Ishlah tak menduga melihat prestasi yang didapat. Karena peserta yang lainnya juga menampilkan penampilan terbaik mereka, mengingat mereka hanya latihan kurang lebih sebulan untuk persiapan lomba.Sebelum lomba dimulai, beliau menyampaikan pesan kepada anak-anak, “tampilkan yang terbaik, insyaallah hasilnya terbaik pula”, ujarnya.

Menurut beliau, lomba ini menjadi pengalaman yang pertama bagi anak-anak dalam mengikuti event lomba drumband dan semoga dalam event lomba berikutnya bisa menjadi yang terbaik.Tak lupa juga beliau mengucap terimakasih kepada para pelatih, yang dengan sabar mendidik dan melatih anak-anak untuk menjadi yang terbaik. Terimakasih juga diucapkan kepada para pembina yang ikut membantu dan mendampingi anak-anak selama lomba berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *