Les Menyulam: Membuat Bentuk Pola dan Gambar Pada Kain Sebagai Hiasan

Salah satu jargon utama Ponpes al-Ishlah ialah kreativitas tanpa batas. Di Ponpes al-Ishlah ini seluruh santri dibebaskan untuk berkreasi dan berimajinasi sesuai dengan minat bakat mereka, salah satunya yakni dalam bidang kesenian.

Tahun ini, OPPI bagian kesenian memiliki program baru yang patut diacungi jempol, yakni mengadakan les menyulam. Dimana program ini merupakan program yang ditunggu-tunggu oleh santriwati yang memiliki minat dalam bidang menyulam.

Salah satu tujuan OPPI Bagian Kesenian dalam mengadakan les ini tak lain adalah untuk meningkatkan kreativitas santriwati al-Ishlah dalam mengkreasikan bakat mereka melalui bentuk pola dan gambar pada kain sebagai hiasan.

Les menyulam ini sudah berlangsung sejak tanggal 13 Mei 2022. Sebelum les ini diperuntukan kepada santriwati yang berminat, sebelumnya panitia pun melakukan latihan menyulam secara mandiri selama 3 bulan, terhitung sejak bulan Februari akhir hingga Mei awal. Mereka latihan menyulam setiap satu minggu sekali tentunya dengan dibantu oleh pembina.

Setelah 3 bulan lamanya mereka latihan dengan rajin, mereka pun membuka pendaftaran bagi santriwati yang tertarik untuk mengikuti les menyulam. Karena ini adalah program baru, maka OPPI Bagian Kesenian membatasi kuota anggota les menyulam, yakni hanya merekrut 50 santriwati.

Bagi santriwati yang sudah terpilih menjadi anggota les menyulam, mereka akan melakukan kegiatan menyulam rutin selama satu bulan dua kali, yakni di hari Jumat minggu pertama dan ketiga. Untuk tempatnya menyesuaikan, bisa di depan kamar atau di mushola.

Adapun alat menyulamnya telah disediakan oleh Bagian Kesenian, yang mana alat-alat tersebut nantinya akan menjadi inventaris Bagian Kesenian, agar bisa digunakan lagi untuk OPPI periode selanjutnya. Namun, jika santriwati memiliki alat sendiri, pun dibolehkan untuk digunakan saat les menyulam berlangsung.

Alhamdulillah, sampai saat ini les menyulam tetap rutin dilaksanakan dan akan ditutup pada tanggal 7 Oktober mendatang. Karena di bulan Oktober, seluruh program kerja OPPI akan disudahi. Mengingat bulan Oktober adalah masa akhir jabatan mereka, sehingga mereka akan fokus mempersiapkan penyusunan LPJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *