Latih Strategi dan Kecepatan dengan Lomba Gobak Sodor

Untuk menghidupkan nuansa HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Pondok Pesantren al-Ishlah Paciran, OPPI Bagian Olahraga menyelenggarakan Lomba Gobak Sodor antar kamar. Alasan dipilihnya Gobak Sodor karena termasuk salah satu permainan tradisional yang lumrah dimainkan ketika masa kecil dulu.

Selain itu, Gobak Sodor memberikan ruang berlatih bagi pemainnya untuk mengasah strategi dan kecepatan gerak. Sebagaimana yang disampaikan oleh Fahmi Mansur, Ketua Panitia. “Kami memilih lomba Gobak Sodor karena dalam permainan tersebut terdapat 2 skill yang harus dikuasai sekaligus, yaitu: strategi dan kecepatan”.

Oleh karena itu, selain menyiapkan kecepatan berlari atau reflek untuk menangkap, pemain juga harus memperhatikan strategi lawan agar dapat menguasai permainan dengan baik dan memenangkan perlombaan dengan gemilang. Grup pemain jika hanya mengandalkan kecepatan tanpa adanya strategi, tim lawan akan dengan mudah mengalahkannya. Begitu juga dengan sebaliknya.

Terbukti, tim yang mengkombinasikan strategi dan kecepatan dapat selalu memenangkan lomba Gobak Sodor, seperti yang diterapkan oleh Tim Kamar IBK (Ibn Katsir) 7 yang lolos ke babak semifinal. “Kami menggunakan strategi dan kecepatan, yaitu strategi dengan masuk pada dua sisi sekaligus, sisi kanan dan sisi kiri. Satu sisi untuk mengelabui penjaga lawan, sedangkan sisi yang satunya menggunakan skill berlari dengan sekencang mungkin,” papar Yusfaan Hanif, Ketua kamar IBK 7.

“Sebagai tim pelari, tim IBK 7 memanfaatkan pemain yang tercepat untuk berlari terlebih dahulu. Agar tidak tersentuh oleh musuh dan agar lebih lama berada di permainan hingga wasit meniup peluit tanda waktu selesai. Dengan strategi ini, kami mendapatkan poin yang lebih banyak. Karena apabila terdapat satu pemain saja yang tersentuh oleh musuh, maka terjadi pergantian posisi pemain dan tidak mendapatkan poin yang lebih banyak,” pungkasnya bersemangat.

Reporter: Faiq El Meida

Editor: Faiq El Meida

Proofreader: phzdr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *