Kyai Dawam: Isi Liburanmu dengan Ibadah dan Kebermanfaatan

Liburan Semester Ganjil Santri Pondok Pesantren Al-Ishlah(19/12) berlangsung dengan haru dan bahagia, hal ini karena masih diberlakukanya pembatasan kunjungan bagi wali santri yang akan mengunjungi anak-anaknya, pembatasan ini merupakan wujud antisipasi Pondok Pesantren Al-Ishlah dalam meminimalisir Penyebaran Covid 19.

Liburan semester ganjil ini berlangsung dari tanggal 19 Desember 2021 – 5 Januari 2022, yang mana di waktu liburan ini ada beberapa Nasihat Kyai Muhammad Dawam soleh yang tentunya dapat menjadi panduan dalam mengisi waktu liburan:

-Santri diharapkan untuk tetap melakukan kegiatan keseharian di rumah seperti halnya keseharian di pondok seperti; Sholat tepat waktu, tidur dan bangun dengan teratur serta melakukan ibadah sunnah seperti; Sholat Qobliyah dan Ba’diyah, Sholat Dhuha, Sholat Tahajud, Puasa Sunnah dan lain-lain.

-Santri aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan; Siap sedia menjadi Imam dan Khatib ketika diperlukan sewaktu-waktu, ikut serta dalam kegiatan gotong-royong, rajin membantu orang tua dan lain-lain

-Santri membiasakan untuk membaca dan menulis setiap hari, tulisan-tulisan ini tentunya agar para santri dapat mempunyai media yang baik dalam menyuarakan kebaikan seluas-luasnya.

Kyai Dawam menegaskan, “Liburan bukanlah kegiatan untuk beristirahat total dan diartikan sebagai waktu untuk bermalas-malasan, liburan merupakan wadah dan simulasi nyata implementasi keilmuan dan segala proses pendidikan yang ada di Pondok Pesantren yang berorientasi lillahi ta’ala”. (MZR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *