Kagum! Ketertiban Dan Keceriaan Anak Pramuka Al-Ishlah Membuat Kagum

Pondok Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan kedatangan tamu dari Al-Fattah Islamic Boarding School Banjarsari Buduran Sidoarjo. Pelajar yang datang adalah para pengurus Organisasi Pondok Al-Fattah yang berasal dari kelas 10 dan 11 SMA. Mereka mengikuti serangkaian kegiatan di pondok Al-Ishlah, salah satunya yaitu ekstra kurikuler pramuka yang berlangsung pada selasa sore.

Para ustadzah yang mendampingi para santri ikut meninjau kegiatan pamuka Al-Ishlah, mereka cukup terkesan dengan kelengkapan atribut yang dimiliki anggota pramuka dan jumlah santri Al-Ishlah, disitulah yang menambah nilai plus tersendiri dan membuat barisan terlihat rapi.

“Alhamdulillah sejauh yang kami lihat, yang terlambat sedikit. Dan yang terlambat juga mendapat sanksi ditempat, keren banget si itu. Itu yang bikin anak jera” Ujar Duta, salah satu ustadzah pondok pesantren Al-Fattah.

Di pondok pesantren Al-Fattah juga terdapat ekstrakurikuler pramuka dengan komando khusus. Dalam pelaksanaanya, Pramuka laki-laki dan perempuan dipisah seperti di Al-Ishlah. Sehingga yang menjadi perbedaan pramuka Al-Fattah dan Al-Ishlah hanyalah kelengkapan atribut yang dimiliki anggota, selebihnya sama seperti pramuka pada umumnya.

“Kami aktif ikut lomba di luar dan Alhamdulillah sering menang juga” Tambah Ustadzah Duta ketika ditanya mekanisme Pramuka di Ponpes Al-Fattah.

” Pramukanya kurang lebih sama, cuma yang membedakan dari keceriaan dan antusias mereka. Mungkin juga dari cara kita menyalurkan pendapat biar sama-sama dimengerti” Ungkap Nazira, santriwati Al-Fattah yang juga merupakan ketua HISFA (Himpunan Santri Al Fattah).

Setiap lembaga mempunyai sistem tersendiri dalam menjalankannya, akan tetapi dengan adanya sharing dengan lembaga lain dapat menambah dan mengadopsi sistem yang belum ada di tempat tersebut dan menerapkannya sebagai sistem yang baru.

Reporter: Khoirun Nisa’il

Editor: Azka Ziadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *