Hari Sejuta Kiblat, Al-Ishlah Turut Berpartisipasi

Pondok Pesantren Al-Ishlah tidak lupa turut berpartisipasi dalam hari Sejuta Kiblat, yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2024. Hari Sejuta Kiblat adalah fenomena matahari berada tepat di atas Ka’bah sehingga umat muslim bisa menentukan ketepatan kiblat masjid mereka.

Mengetahui adanya fenomena tersebut, Pondok Pesantren Al-Ishlah tak lupa turut berpartisipasi. Setelah melaksanakan sholat ashar, para santri diberi wawasan umum oleh ustadz Masyfuk Harismawan, selaku pembimbing ekstrakurikuler astronomi. Setelah pengarahan tersebut para santri diajak untuk mempraktikkan secara langsung.

Ustadz Masyfuk menjelaskan, “gampangnya matahari itu seperti lampu dan ka’bah yang berada tepat dibawah lampu tersebut. Maka bayangan benda yang menghadap Ka’bah akan menentukan arah kiblat. Dan dari bayangan tadi diukur 90° untuk posisi shaf.”

Tidak semua santri diwajibkan melihat praktik penentuan arah kiblat ini, melainkan hanya kelas 11 Aliyah. Tetapi diperbolehkan bagi seluruh santri melihat dengan sukarela. Praktik yang dilakukan di samping Selatan masjid akhirnya mendapat respon baik dari para santri, para santri antusias melihat sampai praktik selesai.

Praktik yang dilakukan menggunakan media tali yang digantung untuk mengetahui garis bayangan arah kiblat. Ketika waktu yang ditentukan, diukur pula kebenaran garis shaf masjid Al-Ishlah dengan mengukur 90° dari garis bayangan tali. Dari praktik ini membuktikan kebenaran arah kiblat masjid Al-Ishlah.

Dengan adanya fenomena ini mengundang para pakar ilmu falak Al-Ishlah untuk membuktikan kebenaran arah masjid Al-Ishlah. Di antara pakar tersebut adalah ustadz Medy, ustadz Luqman Hakim, dan ustadz Masyfuk Herismawan.

Reporter: Abdulida Avant

Editor: Azka Ziadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *