Hari Libur Santri Pondok Pesantren Al-Ishlah

Hari Rabu tanggal 29 Maret 2024, menjadi hari awal mula libur idul fitri bagi santri. Setelah melaksanakan puasa lebih dari 2 minggu di pondok, para santri memasuki hari libur idul fitri. Para santri mendapat kesempatan melaksanakan puasa di rumah.

Dalam maklumat yang telah di keluarkan oleh staff pengasuhan santri, terhitung libur idul fitri dimulai sejak tanggal 29 Maret 2024 sampai tanggal 19 April 2024. Pada tanggal kembali, santri akan kembali melaksanakan KBM semester 2.

Liburan ini ditujukan untuk seluruh santri. Liburan ini juga diperuntukkan bagi seluruh Mahasiswa STIQSI. Bedanya, para mahasiswa pulang lebih akhir, karena menjadi panitia perpulangan idul fitri ini. Kemudian mahasiswa mulai libur ketika selesai melaksanakan tugas.

Sebelum melaksanakan liburan, para santri telah terlebih dahulu diberi nasihat perpulangan. Nasihat perpulangan ini disampaikan langsung oleh pengasuh pondok pesantren Al-Ishlah pada 27 Maret kemarin. Tujuannya supaya para santri tetap berada pada kebaikan dan tidak melenceng selama liburan.

Sebelum para santri pulang ke rumah masing-masing, mereka diwajibkan untuk tanda tangan terlebih dahulu. Selain itu para santri juga menunjukkan amplop ramadhan dan kertas monitoring milik mereka. Tujuannya untuk memastikan para santri membawa kedua barang tersebut.

Kertas monitoring yang diberikan oleh pihak pondok adalah kertas untuk memantau santri selama liburan. Kertas ini diisi oleh pihak walisantri. Kertas yang berisi data perilaku santri selama di rumah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para santri Al-Ishlah ketika di rumah.

Dengan adanya kertas monitoring ini selain untuk memantau santri, juga menjadi pendorong santri untuk berbuat baik dan melaksanakan ibadah dengan baik seperti ketika ia di pondok. Setelah data tersebut terkumpul akan menjadi bahan evaluasi asatidz. Kemudian melakukan perbaikan lewat proker yang akan dibuat.

Reporter: Abdulida Avant

Editor: Azka Ziadah A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *