Fun Game Tamu Ambalan

Setelah dua tahun kegiatan tamu ambalan Al-Ishlah dilaksanakan secara indoor (di dalam area pondok), akhirnya tahun iniu Fun Game tamu ambalan bisa dilaksanakan di luar pondok. “Alhamdulillah, memandang situasi dan kondisi global kali ini yang sudah normal, maka kegiatan Fun Game tamu ambalan tahun ini bisa outdoor (di luar pondok).” Ujar Romi, ketua panitia ambalan tahun 2022.

Kegiatan ambalan ini dilakukan dengan tujuan tes kelayakan para peserta tamu ambalan. “Untuk mengukur pengetahuan para peserta ambalan atas apa yang telah diajarkan kepada mereka dan melihat kelayakan mereka untuk masuk dalam ambalan Gudep Al-Ishlah Joko Tingkir.” Ucap Muflih Rahmi. Ia juga menambahkan bahwasannya kegiatan Fun Game tamu ambalan ini bukan hanya ujian pengetahuan saja, melainkan juga ujian mental para peserta ambalan.

Teknis Fun Game ini ialah dengan cara jelajah alam. Pada jelajah kali ini, peserta ditunjukan untuk melewati pos-pos yang telah disebar sepanjang perjalanan. Pos-pos tersebut dibagi menjadi dua bagian, yakni pos utama sebagai tempat pengujian apa-apa yang telah diajarkan oleh kakak-kakak senior, dan pos bayangan ada yang bersifat terlihat dan tersembunyi yang bertujuan untuk menguji mental peserta. “Pos utama terdiri dari lima pos. sedangkan pos bayangan terdiri dari tujuh pos.” Ujar Romi.

Pada pos pertama yaitu tes LKBB, kemudian pos kedua peserta diberi pertanyaan tentang sandi-sandi, pos ketiga peserta diuji tentang pengetahuan umum seputar pramuka, pos keempat hampir sama dengan pos kegita, hanya saja di pos ini diselingi dengan hukuman jika peserta tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, di pos terakhir peserta dites tentang doa sehari-hari, dan kemudian finishnya di lapangan pondok.

Disamping pos utama, terdapat pos bayangan yang bertujuan untuk memberi rintangan dan menguji mental peserta, seperti menguji mereka dengan rintangan-rintangan yang berbau mistis untuk melatih keberanian mereka.

Rencana awal Fun Game ini berlangsung dari pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00. Akan tetapi dikarenakan beberapa hal semua kelompok baru berhasil sampai finish pukul 01.20. Selepasnya mereka langsung tertidur di lapangan hingga pukul 03.00 dan segera kembali ke pondok untuk persiapan shalat Subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *