Character Building di Era Pendidikan Abad 21 untuk Generasi yang Lebih Baik

Oleh : Al-Ustadzah Anisa Jaya Rahmawati, S. Pd., M. Pd.

Sebelum kita membahas terkait pendidikan karakter di abad 21. Perlu kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud pendidikan karakter? MSU Character Education menyatakan pendidikan karakter merupakan suatu proses pembelajaran yang berkaitan dengan perilaku secara umum, kepercayaan serta beberapa tanggung jawab yang harus dimiliki manusia. Pendidikan karakter menekankan beberapa aturan bagi kehidupan manusia serta berperilaku sesuai nilai-nilai etika secara universal.

Pentingnya pendidikan karakter bagi anak-anak untuk membangkitkan kesadaran, komitmen dan kompetensi dalam berperilaku yang benar. Marilyn Watson dalam artikelnya berjudul “The Child Development Project: Building Character by Building Community” komponen penting untuk membantu anak-anak dalam mempelajari karakter yang baik: menanamkan kepedulian antar sesama, mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan, menghormati motivasi intrinsik dan mengajarkan terkait pemahaman.

Bagaimana praktiknya dalam menanamkan kepedulian terhadap sesama? Diantaranya dengan membantu siswa mengenal guru dan mengenal siswa yang lain, menghindari aktivitas dan strategi kompetitif yang yang berupaya memotivasi anak dengan cara membandingkan dan menghindari perilaku yang mencap anak baik dan anak buruk. Selanjutnya praktek dalam mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan diantaranya dengan menggunakan pendekatan disiplin yang membangun pemahaman moral dan sosial siswa. Kemudian bagaimana cara untuk menghormati motivasi intrinsik siswa? Salah satunya menerapkan pendekatan disiplin yang menekankan kolaborasi daripada paksaan.

Terakhir, bagaimana mengajarkan siswa agar saling memahami? Diantaranya memberikan anak beberapa kesempatan yang berbeda dalam menerapkan pengetahuan moral dan melibatkan anak-anak dalam diskusi terkait masalah moral sehingga mereka mengetahui berbagai macam pendapat.

Saat ini esensi dari ketrampilan abad 21 juga sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun global. Menurut Seng, Chia dan Ling dalam bukunya yang berjudul “Teacher Education in 21st Century” ketrampilan abad 21 meliputi: critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), communication (komunikasi) dan collaboration (kolaborasi). Ketrampilan abad 21 tersebut akan menjadi bekal dalam kehidupannya di masa yang akan datang.

Apa korelasi pendidikan karakter dan ketrampilan abad 21 saat ini? Kemudian apa manfaat jika menerapkan konsep pendidikan karakter dan mengajarkan ketrampilan abad 21? Perilaku secara umum, kepercayaan dan tanggung jawab dalam pendidikan karakter dapat dibentuk melalui ketrampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas dan kolaborasi.

Menanamkan kepedulian antar sesama, mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan mengajarkan untuk saling memahami juga dapat diajarkan melalui kegiatan kolaborasi dan berkomunikasi. Aspek-aspek tersebut jika ditanamkan secara konsisten dan terus menerus menghasilkan generasi mendatang yang baik dalam segi moral, spiritual dan intelektual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *