Belajar Malam : Selalu ‘Update’ Jika Ada PR Esoknya

Setiap hari, Santriwati Al-Ishlah menjalani rutinitas belajar malam. Untuk hari Sabtu, Ahad, Senin dan Rabu adalah jadwalnya mereka belajar per-kelas. Selain hari-hari tersebut, seperti hari Selasa dan Jumat santriwati bisa belajar di kamar masing-masing. Sedangkan hari Kamisnya mereka ada kegiatan Muhadloroh (public speaking).

Waktu belajar malam dimulai dari pukul 20.00-21.00. Jika waktunya per-kelas, untuk SMP bertempat di Masjid dan Aliyah di kelas masing-masing. Sedangkan, jika waktu belajar malamnya per-kamar, santriwati belajar malam di kamar masing-masing dengan teman se-kamarnya.

Salah satu manfaat belajar malam dengan sistem per-kelas ini ialah agar santriwati Al-Ishlah memiliki waktu khusus untuk belajar dengan teman se-kelas diluar jam sekolah. Saat belajar malam per kelas, masing-masing kelas akan ada satu ustadzah yang akan mendampingi santriwati belajar malam.

Adapun manfaat belajar malam per-kelas dengan didampingi oleh ustadzah ialah salah satuhya, santriwati akan lebih terbantu ketika mereka mengalami kesusahan dalam bidang pelajaran tertentu. Santriwati bisa menanyakan pelajaran yang sulit tersebut kepada ustadzah yang mendampingi kelasnya itu.

Adanya ustadzah juga untuk memastikan santriwati agar tidak ada buku pelajaran yang tertinggal saat berangkat ke sekolah. Sebelum belajar malam dimulai, mereka harus membawa buku pelajaran berdasarkan jadwal pelajaran esoknya.

Selain itu juga akan meminimalisir santriwati tidak mengerjakan PR, karena mereka akan mengerjakannya saat itu bersama teman se-kelasnya. Ustadzah yang mendampingi pasti akan menanyakan apakah ada PR esoknya.

“Kalau ada belajar malam gini kita jadi tidak kudet (kurang update) kalau ada PR esoknya. Apalagi teman-temannya se-kelas, jadi tugasnya juga sama dan bisa saling membantu”. Ujar salah satu dari siswi kelas XII IPA 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *