Al-Ishlah Scout di Awal Semester Genap

Kegiatan ekstrakurikuler kepanduan pramuka penegak di lingkungan Gugus Depan (Gudep) Al ishlah 24.17.207/25.17.208  Pangkalan Madrasah Aliyah Al Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur telah dibuka untuk Semester Genap tahun ajaran 2022/2023.

Upacara pembukaan kegiatan ini berlangsung di dua tempat, untuk putra di MM (Maidanul Ma’had) sedangkan putri di lapangan MA Al-Ishlah (17/1/2023). Upacara pembukaan pramuka putra dipimpin Kakak Arromuharmuzi, M. Pd. I., sedangkan putri dipimpin Kakak Sri Welas Setiowati M. Pd.

Kakak Arromuharmuzi M. Pd. I., selaku ketua Gudep MA Al Ishlah Sendangagung menjelaskan, bahwa gerakan Pramuka Gudep  Al Ishlah terdiri dari tingkat penggalang (Pangkalan SMPM 12 Paciran) dan tingkat penegak (Pangkala MA Al Ishlah).

“Antara putra dan putri adalah satuan terpisah, baik dalam upacara maupun kegiatan latihan.” Papar Kak Muzi yang kelahiran tahun 1975 ini.

Dalam sambutan upacara  pembukaan, Kak Muzi  menyampaikan pentingnya niat basmalah dalam setiap kegiatan, termasuk dalam kegiatan pramuka mingguan.

“Pramuka kita selaras dengan ajaran Islam, Nahnu Kasyaafun Bal Nahnu Muslimun“, seru Kak Muzi dihadapan ratusan barisan Pramuka Penegak Putra.

Di tempat berbeda, upacara pembukaan pramuka penegak putri juga dibuka. Upacara dipimpin  oleh Kakak Sriwelas Setyowati M. Pd., selaku Pelatih Andalan Penegak Putri Kwarcab Lamongan yang pernah mengikuti Pendidikan Kursus Pelatih Dasar (KPD).

Pramuka Penegak Putri Pangkalan MA Al-Ishlah Sendangagung saat upacara pembukaan Pramuka. Photo GDW 17/1/2023

Dalam sambutannya, Kak Wela mengulas nilai pendidikan pramuka. Menurut Pembina Satuan Penegak  Putri ini, pramuka mengajarkan patriotisme, disiplin, dan nasionalisme. Pramuka juga sejalan dengan Islam karena di dalamnya mengajarkan ketrampilan, Akhlaqul Karimah, berani, sopan santun dan lain lain.

“Sukseskan Raimunas, Raimuna Nasional atau Jambore Penegak, Semangat adek adek Pramuka Penegak MA Al Ishlah.” Seru kakak Sriwelas saat mengakhiri amanat upacara.

Usai upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan penampilan Pasukan Baris Berbaris bertongkat , masing-masing sangga penegak putra menampilkan PBB bertongkat di hadapan kakak pembina. Acara dipimpin Kakak Habib Chirzin, S. P., dan Kakak Abdul Muiz yang mengawalinya dengan salam pramuka, atau Tahiyyah Kasyfiyah, dan diakhiri dengan evaluasi acara.

Sedangkan yang putri, usai upacara pembukaan  diadakan perkenalan dengan Dewan  Ambalan Penegak Putri dan tata cara pemasangan Satangan Leher atau hasduk. Acara dipimpin oleh kakak Nadliroh, S. Ag., dibantu oleh mahasiswi STIQSI Lamongan; Ega Maulida Najid, Nur Hazlina Adya Rohmah, Hudiana Rahmawati, dan Emilia  Rahmawati.

Sementara dalam waktu yang sama, Pramuka Gudep Al Ishlah Sendangagung Pangkalan SMPM 12 Paciran, telah memulai dengan materi. Karena pangkalan telah mengadakan acara pembukaan Edisi Minggu lalu. (10/1/2023)

Kakak Evi Nur Laila, S. Pd., selaku pembina satuan pangkalan SMPM 12 menjelaskan bahwa kegiatan kepanduan SMPM 12 ada dua, yaitu Pramuka penggalang dan Hizbul Wathan (HW).  Insha Allah semua telah terkordinir dengan baik dan antar pembina telah berkomunikasi untuk jadwal acara latihan.

Dalam acara latihan Pramuka penggalang ini, Kak Evi juga dibantu oleh beberapa kakak-kakak pembina lainnya dan mahasiswi STIQSI Lamongan, diantaranya seperti Kakak Sarah Safinah dan Rizka Nighta Decha.

Salam Pemuka, Tahiyyah Kasyfiyah !

Reporter : Gondo Waloyo, Lamongan.

Editor : Yeni Ika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *