5 TIPS MENHINDARI PERBUATAN TERCELA DI ERA SEKARANG

Oleh: Ihsan Amrullah  Kelas 11 MIPA-1 MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan -Artikel Mudakarah

Di era sekarang, sikap sudah tidak lagi menjadi perhatian banyak orang. Bahkan, umat islam sendiri juga tak luput dari hal itu. Entah bersikap saat di dunia nyata ataupun sosial media. Sikap seseorang semakin hari, semakin mengalami perubahan yang sangat cepat dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan. Banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap.

Sebagai agama rahmatan lil’alamin, Islam telah mengajarkan bagaimana cara seseorang dalam bersikap yang baik kepada sesama. Seperti sikap menghindari perbuatan tercela. Lantas, bagaimana cara menghindari perbuatan yang tidak baik atau tercela tersebut di era sekarang ?. Karena dengan mengetahui cara menghindari perbuatan itu, seseorang bisa berbuat baik sebagaimana yang telah diajarkan dalam agama serta supaya nilai-nilai kebaikan itu tidak hilang walaupun digerus oleh zaman. Oleh karena itu, penting kiranya untuk mengetahui sikap-sikap tercela itu.

Beberapa contoh sikap tercela yang sering lupa dari ingatan orang, antara lain.

Pertama, Ishraf

Dalam bahasa arab ishraf berasal dari kata asrafa-yusrifu-israafan yang artinya melakukan sesuatu sampai melebihi batas. Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Allah berfirman di dalam QS. Al-A’raf ayat 31.

يا بني ادم خذوا زينتكم عند كل مسجد وكلوا واشربوا ولاتسرفوا انه لايحب المسرفين

Hai anak adam pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

kedua, Tabdzir

Tabdzir menurut bahasa arab diartikan berlebih-lebihan atau menghambur-hamburkan harta. Sedangkan menurut istilah adalah menghambur-hamburkan harta untuk kesenangan atau kebiasaan. Tabdzir akan menimbulkan pola hidup yang tidak baik karna akan selalu kurang dalam hal apapun sehingga akan lebih mementingkan kehidupan dunia daripada akhirat.

Ketiga, Bakhil

Bakhil atau kikir adalah menahan harta yang harusnya dikeluarkan, yang mestinya diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Bahkan rasulullah menyatakan bahwa bakhil adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan kehancuran. Bakhil bisa mengakibatkan dosa besar, menghalangi kita untuk masuk surga, menjadikan rezeki kita sempit dan sumber masalah bagi manusia.

Adapun 5 tips untuk menghindari perbuatan tercela di era sekarang, sebagai berikut.

Pertama, melakukan sesuatu hanya karna allah

Kesalahan dasar yang biasa dilakukan seseorang adalah melakukan sesuatu hanya karna dunia saja hingga lupa dengan Allah yang telah menciptakan kita. Melakukan sesuatu karna Allah akan menghindarkan kita dari perbuatan tercela karna kita akan selalu ada pada ridho Allah Swt.

Kedua, meneladani sikap rasulullah

Seperti yang kita tahu bahwa rasulullah memiliki sikap uswatun hasanah sehingga patut untuk menjadi panutan kita sebagai umat Islam. Dengan meneladani sikap rasulullah, kita akan bisa menjadi orang yang baik. Kita bisa mengetahui sikap-sikap rasulullah dari hadis yang diriwayatkan oleh para sahabat dan beberapa ayat dalam Al-Qur’an.

Ketiga, memililh pergaulan yang baik

Kita harus bisa memilih dalam bergaul karna pergaulan adalah faktor utama yang bisa menentukan bagaimana kita bersikap. Apabila pergaulan kita baik, maka sikap kita juga bisa baik. Sebaliknya apabila pergaulan kita buruk, maka sikap kita juga akan buruk. Oleh karna itu, penting bagi kita untuk memperhatikan pergaulan.

Keempat, selau berpikir positif

Dengan berpikir positif akan menyebabkan apa yang kita lakukan menjadi baik dan begitu juga sebaliknya. Berpikir negatif akan menyebabkan apa yang kita lakukan menjadi buruk.

Kelima, menguatkan iman dengan ibadah

Amal dan ibadah yang kita lakukan juga bisa menghindarkan kita dari perbuatan dan sikap yang buruk. Karena dengan ibadah, ketaatan kita akan bertambah sehingga secara otomatis iman juga akan bertambah kuat. Akhirnya hal itu juga akan berdampak pada amal keseharian kita. Seperti bersedekah, menolong sesama yang kesulitan, dan lain sebagainya.

Dengan pemaparan di atas, dapat kita pahami bahwa penting sekali untuk memperhatikan bagaimana cara kita bersikap di era sekarang. Adapun beberapa sikap tercela yang sering terjadi dan tidak kita sadari sehingga perlu kita hindari adalah seperti Ishrof, tabzir, dan bakhil.

Untuk itu, sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, Islam telah mengajarkan bagaimana kita bersikap kepada seseorang yaitu antara lain; melakukan sesuatu karna Allah, meneladani sikap Rasulullah, memilih pergaulan yang baik, selalu berpikir positif, dan menguatkan iman dengan ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *